PENGARUH LAJU PEMANASAN DAN VARIASI KOMPOSISI LIMBAH PADUAN ALUMINIUM (AL-ALLOY) DENGAN SILICON CARBIDE (SiC) TERHADAP KEKERASAN DAN KEKUATAN TEKAN PRODUK METALURGI SERBUK

Khairul, Umam (2022) PENGARUH LAJU PEMANASAN DAN VARIASI KOMPOSISI LIMBAH PADUAN ALUMINIUM (AL-ALLOY) DENGAN SILICON CARBIDE (SiC) TERHADAP KEKERASAN DAN KEKUATAN TEKAN PRODUK METALURGI SERBUK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA-Khairul Umam-F1C018027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Metalurgi serbuk merupakan salah satu metode pembuatan komposit yang berkembang saat ini karena metode ini dapat menggabungkan dua jenis material yang berbeda karakteristiknya dan menciptakan sifat material baru yang lebih keras dan lebih kuat dari bahan aslinya. Tujuan penelitian kali ini adalah mengetahui pengaruh laju pemanasan dan variasi komposisi paduan Aluminium dengan Silicon Carbide terhadap kekerasan dan kekuatan tekan produk metalurgi serbuk. Pada penelitian kali ini pembuatan komposit menggunakan metode metalurgi serbuk dengan menggunakan dua variabel penelitian yaitu yang pertama laju pemanasan 3, 5 dan 7 °C/menit dan yang kedua variasi komposisi paduan Aluminium : Silicon Carbide 100% : 0%, 85% : 15% , 80% : 20% dan 75% : 25%. Paduan Aluminiun dan SiC dicampur sesuai dengan komposisi masing-masing kemudian dikompaksi selama 15 menit dengan beban 5 ton. Selanjunya dilakukan proses pemanasan awal spesimen pada suhu 40 °C selama 30 menit menggunakan oven dan dilanjutkan proses pemanasan sesuai dengan variasi laju pemanasan yang sudah ditentukan hingga mencapai titik akhir 600 °C. Kemudian dilakukan proses pengujian kekerasan dengan metode Rockwell dan pengujian kekuatan tekan dengan menggunakan standar pengujian ASTM E9. Hasil dari pengujian dapat disimpulkan bahwa semakin menurunnya laju pemanasan maka kekerasan dan kekuatan tekan yang dihasilkan semakin meningkat sedangkan semakin meningkatnya persentase komposisi SiC maka kekerasan dan kekuatan tekan yang dihasilkan juga akan meningkat. Dari analisis menggunakan anova dua arah diketahui bahwa laju pemanasan dan variasi komposisi SiC berpengaruh signifikan terhadap kekerasan dan kekuatan tekan yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Aluminium, Silikon Karbida, Metalurgi Serbuk
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jul 2022 05:30
Last Modified: 07 Jul 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29746

Actions (login required)

View Item View Item