IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MUATAN IPS DI SDN 1 KAWO KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2021/2022

MIRA, MUTIARA SAPIRA (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MUATAN IPS DI SDN 1 KAWO KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Pendidikan karakter dimulai sedini mungkin karena penanaman karakter akan berdampak ketika dia sudah dewasa. SD merupakan tempat penanaman pendidikan karakter selain dirumah atau pada pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi pendidikan karakter muatan IPS siswa kelas IV di SDN 1 Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Jenis peneilitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di SDN 1 Kawo dengan persentase 70%. Dengan sebaran : karakter religius muncul pada pengenenalan keanekaragaman suku bangsa; karakter nasionalisme muncul pada pelesetarian sumber daya dan sikap patriotisme; karakter gotong royong muncul pada sumber daya dan pengenalan bentuk alam; karakter mandiri muncul pada pengenalan bentuk alam dan karakter integritas muncul pada pelestarian sumber daya alam dan pengembangan sikap patriotisme.. Adapun faktor penghambat guru dalam proses implementasi pendidikan karakter adalah rata-rata 20% dan faktor lainnya 10%.faktor penghambat tersebut yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pendidikan karakter, muatan IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jul 2022 05:30
Last Modified: 07 Jul 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29747

Actions (login required)

View Item View Item