PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 JONGGAT TAHUN AJARAN 2021/2022

HUNI, APRIATUN HASANAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 JONGGAT TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
revisi huni fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap berpikir kreatif siswa pada pembelajaran sosiologi. Model pembelajaran treffinger ini memiliki kelebihan utama pada tiga komponen penting yaitu memahami tantangan, menghasilkan ide, mempersiapkan tindakan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes uraian yang telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran treffinger dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Karena nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi, maka disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap berpikir kreatif siswa. Implikasi teoritis bahwa penggunaan model-model pembelajaran berbasis teorirekontrusi sosial menjadi relevan dalam konteks pembelajaran sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Berpikir Kreati
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:20
Last Modified: 08 Jul 2022 06:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29763

Actions (login required)

View Item View Item