PASANG SURUT HUBUNGAN BILATERAL JEPANG-KOREA SELATAN DAN DAMPAKNYA BAGI HUBUNGAN BILATERAL KEDUA NEGARA

Elvira, Alya Sekarningrum (2022) PASANG SURUT HUBUNGAN BILATERAL JEPANG-KOREA SELATAN DAN DAMPAKNYA BAGI HUBUNGAN BILATERAL KEDUA NEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELVIRA ALYA SEKARNINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memperlihatkan dan menjelaskan bagaimana pasang surut hubungan bilateral Jepang-Korea Selatan dan dampaknya bagi hubungan bilateral antara kedua negara, yang akan dianalisis melalui teori Konstruktivisme dan teori Kerjasama Internasional. Hubungan bilateral antara Jepang dengan Korea Selatan dimulai ketika kedua negara ini menandatangani perjanjian tentang hubungan dasar antara Jepang dan Korea Selatan pada tahun 1965. Pada dasarnya hubungan bilateral Jepang dan Korea Selatan saling bergantung satu sama lain terutama dalam bidang ekonomi dan militer karena secara teritorial keduanya berada di wilayah yang sama dan keduanya juga merupakan sekutu Amerika Serikat di kawasan Asia Timur. Namun, menariknya hubungan keduanya seringkali mengalami pasang surut terutama diakibatkan oleh sejarah masa lalu terkait kolonialisme Jepang terhadap Korea Selatan khususnya isu wanita penghibur (Comfort Woman) yang pada akhirnya berdampak negatif terhadap hubungan bilateral keduanya yang tidak hanya berdampak pada bidang ekonomi namun juga merembet pada bidang militer.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Comfort Woman, pembatasan ekspor produk teknologi tinggi Jepang, hubungan bilateral Jepang-Korea Selatan, teori Konstruktivisme dan teori Kerjasama Internasional
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Jul 2022 08:12
Last Modified: 11 Jul 2022 08:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29767

Actions (login required)

View Item View Item