KLASIFIKASI EMOSI TOKOH NIDAH KIRANI DALAM NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR! KARYA MUHIDIN M. DAHLAN: KAJIAN PERSPEKTIF DAVID KRECH

LALU, MUH. IMAM SUSILO (2022) KLASIFIKASI EMOSI TOKOH NIDAH KIRANI DALAM NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR! KARYA MUHIDIN M. DAHLAN: KAJIAN PERSPEKTIF DAVID KRECH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU IMAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

LALU MUH. IMAM SUSILO Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimanakah klasifikasi emosi tokoh Nidah Kirani dalam novel Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur! karya Muhidin M. Dahlan dalam kajian perspektif David Krech. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi emosi Tokoh Nidah Kirani dalam novel Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur! karya Muhidin M. Dahlan dalam kajian Perspektif David Krech. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat-kalimat, dialog yang berkaitan dengan emosi tokoh Nidah Kirani dalam novel tersebut. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik baca, catat dan studi pustaka. Analisis data menggunakan metode deskriptif kulitatif dengan pendekatan klasifikasi emosi David Krech yang telah dibagi menjadi tujuh bagian yaitu, konsep rasa bersalah, rasa bersalah yang dipendam, menghukum diri sendiri, rasa malu, kesedihan, kebencian dan cinta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh Nidah dalam menjalani kehidupannya tidak berjalan seperti apa yang dia impikan. Berbagai macam permasalahan demi permasalahan datang menghampiri hidupnya. Permasalahan tersebut lahir dari sebuah rasa kecewa dan ketidak adilan yang dirasakan oleh Nidah terhadap Tuhan. Rasa cintanya kepada Tuhan yang begitu kuat dan berlebihan lahir dalam diri serta jiwanya sehingga membuat Nidah merasakan kekecewaan yang membuatnya sangat terpukul hingga ia merubah prinsip hidupnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Klasifikasi Emosi, Tokoh, Novel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Jul 2022 08:12
Last Modified: 11 Jul 2022 08:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29771

Actions (login required)

View Item View Item