MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-E PADA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DI SMP NEGERI 13 MATARAM

Nensi, Yucandry Wadda Samba (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-E PADA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DI SMP NEGERI 13 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Nensi Yucandry Wadda Samba.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII-E pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 13 Mataram, (2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 13 Mataram, (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-E melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 13 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian dengan menggunakan suatu tindakan untuk mengetaui masalah belajar di kelas dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran. Dari hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari dari belajar prasiklus dengan persentase ketuntasan belajar adalah 53,3% dan nilai rata-rata 67,2%. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu ketuntasan belajar 90,5% dan nilai rata=rata 85%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, hasil belaja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Jul 2022 08:12
Last Modified: 11 Jul 2022 08:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29773

Actions (login required)

View Item View Item