ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 BATUKLIANG UTARA TAHUN AJARAN 2021/2022

NOVA, LISTIANA (2022) ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 BATUKLIANG UTARA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NOVA_LISTIANA_E1A015045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membawa pengaruh serta perubahan yang besar bagi seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon siswa SMA Negeri 1 Batukliang Utara terhadap pembelajaran dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan respon yang positif dimana pada indikator pemahaman diperoleh respon siswa sebesar 61% dan pada indikator kemandirian yaitu 67% yang termasuk kategori kuat. Pada indikator fasilitas nilai respon siswa yaitu 79% yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Kendala pembelajaran daring yang dialami oleh siswa antara lain jaringan internet yang tidak stabil, kebutuhan kuota internet, rasa bosan dan tidak dapat berkonsentrasi dalam pembelajaran. Kendala yang dialami guru antara lain kesiapan guru dalam pembelajaran, kesulitan dalam memilih materi biologi yang akan disampaikan dan kesulitan dalam menilai kemampuan siswa. Proses pembelajaran masih perlu untuk terus dioptimalkan serta perlu dilakukan evaluasi demi perbaikan pembelajaran daring pada periode berikutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Respon Siswa, Daring, Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jul 2022 23:34
Last Modified: 12 Jul 2022 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29782

Actions (login required)

View Item View Item