PERAN PEREMPUAN DALAM PEMANFAATAN DANA BANTUAN PRODUKTIF USAHA MIKRO (BPUM) UNTUK KETAHANAN EKONOMI KELUARGA TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 DI DESA GONDANG LOMBOK UTARA

YUSNING, HAFIFA (2022) PERAN PEREMPUAN DALAM PEMANFAATAN DANA BANTUAN PRODUKTIF USAHA MIKRO (BPUM) UNTUK KETAHANAN EKONOMI KELUARGA TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 DI DESA GONDANG LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (YUSNING HAFIFA, L1C018112).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Peran Perempuan Dalam Pemanfaatan Dana BPUM Untuk Ketahanan Ekonomi Keluarga Terdampak Pandemi Covid-19 Di Desa Gondang Lombok Utara menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan kerangka teoritis yaitu teori gender Struktural-Fungsional Talcott Parson , Fenimisme-Liberal dan Fenomenologi Alfred Schutz (Because to motive dan in order to motive). Informan penelitian dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran perempuan dalam pemanfaatan dana BPUM untuk ketahanan ekonomi keluarga terdampak pandemi Covid-19 dapat dilihat bahwa peran perempuan sebelumnya memanfaatkan dana BPUM harus mendaftarkan diri sebagai penerima dana BPUM sebagai bentuk usaha perempuan untuk mendapatkan modal, selanjutnya setelah dana BPUM diterima peran perempuan sebagai pelaku UMKM mulai merencanakan dan memanfaatkan dana BPUM dengan melaksanakan kegiatan usaha melalui berjualan setiap hari karena modal kerja sudah ada jadi UMKM yang mereka kelola tetap berjalan dan tidak macet lagi karena terkendala oleh modal. (2) Motif sebab (because to motive) perempuan menggerakkan UMKM karena melihat faktor ekonomi, semakin hari pengeluaran rumah tangga semakin banyak karena harga kebutuhan sehari-semakin mahal, jika hanya mengandalkan pendapat suami tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari apalagi suami dari perempuan pelaku UMKM tidak bekerja setiap hari, maka hal itu yang menjadi alasan dan dorongan perempuan menggerakkan UMKM. Motif tujuan (in order to motive) perempuan memanfaatkan dana BPUM mereka mulai menciptakan jualan yang bervariasi dan bertambah dari sebelumnya, hal tersebut merupakan bentuk tujuan dari perempuan pelaku UMKM mencari penghasilan tambahan jika UMKM utama yang dikelola sedang sepi pembeli/konsumen. Sehingga tujuan perempuan menggerakkan UMKM dengan memanfaatkan dana BPUM adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari dan membantu suami mencari nafkah untuk pendapatan keluarga. Selain itu juga, tujuan perempuan menggerakkan UMKM adalah untuk membuat usaha sampingan dari dana BPUM tersebut demi mempertahankan usaha yang dikelola oleh perempuan, serta bertujuan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha sampingan yang telah dibuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: BPUM, Covid-19, Peran Perempuan, Ketahanan Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jul 2022 23:34
Last Modified: 12 Jul 2022 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29784

Actions (login required)

View Item View Item