HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V GUGUS IV KECAMATAN TANJUNG TAHUN 2017/2018

Chandra, Duty Wahyuning (2018) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V GUGUS IV KECAMATAN TANJUNG TAHUN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyak siswa yang belum dapat melaksanakan kerjasama dengan baik, baik pada saat melakukan diskusi kelompok maupun pada saat mendengarkan penjelasan dan arahan dari guru, selain itu penelitian ini juga di latar belakangi oleh masih rendahnya perestasi belajar pada mata pelajaran IPS, sehingga dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V gugus IV Kecamatan Tanjung Tahun 2017/2018. Dalam penelitian ini sampel diambil sebanyak 59 siswa dari 154 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive proporsional random sampling yaitu pengambilan sampel pada ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu dimana dalam penelitian ini dari 5 sekolah yang diteliti peneliti hanya mengambil 1 kelas saja yaitu kelas 5, adapun teknik pengambilannya menggunakan undian. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik korelasi product moment diperoleh hasil

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecerdasan Emosiona, Perestasi Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:58
Last Modified: 24 Apr 2018 01:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2979

Actions (login required)

View Item View Item