ANALISIS PSIKOLOGI KEPRIBADIAN HUMANISTIK TOKOH KHEMA DALAM NOVEL TANAH PUTIH KARYA KRIS BUDIMAN: KAJIAN PSIKOLOGI ABRAHAM MASLOW

MUHAMAD, IHWAN ROSIDI (2022) ANALISIS PSIKOLOGI KEPRIBADIAN HUMANISTIK TOKOH KHEMA DALAM NOVEL TANAH PUTIH KARYA KRIS BUDIMAN: KAJIAN PSIKOLOGI ABRAHAM MASLOW. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMAD IHWAN ROSIDI (E1C015040).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peneliti memilih novel Tanah Putih karya Kris Budiman karena menarik untuk dikaji. Novel ini mengambil latar belakang pendidikan. Selain unsur pendidikan, Tanah Putih menceritakan tentang perjalanan spiritual seorang mahsiswa yang sedang melakukan penelitian, yang dilengkapi dengan nilai moral, serta menghadirkan berbagai macam konflik dengan penyelesaian yang menarik dan kaya akan nilai moral yang patut diteladani.Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan kepribadian tokoh Khema dalam novel Tanah Putih karya Kris Budiman dikaji dengan teori kepribadian humanistik; dan 2) mendeskripsikan kelayakan novel Tanah Putih karya Kris Budiman sebagai bahan ajar sastra di SMA.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naratif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi kepribadian humanistik Abraham Maslow. Dalam praktiknya pendekatan psikologi ini mengkaji mengenai kepribadian tokoh Khema dalam novel Tanah Putih karya Kris Budiman untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam kehidupannya serta kelayakan novel tersebut sebagai bahan ajar.Data atau informasi yang dikumpulkan dan dikaji dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Data kualitatif yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu kata, kalimat, paragraf dan kutipan dialog yang mencerminkan kepribadian tokoh Khema dan aspek lain yang mendukung kesesuaian novel tersebut sebagai bahan ajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Tanah Putih karya Kris Budiman.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca, catat dan studi pustaka.Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa 1) kepribadian tokoh Khema dipengaruhi oleh dorongan dari dalam dirinya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dapat diorganisasikan dalam sebuah hierarki kebutuhan, dalam rangka mencapai hierarki kebutuhan, kepribadian Khema dapat digolongkan menjadi dua tipe yaitu metapologis dan metaneeds, tetapi tipe metaneeds lebih mendominasi; dan 2) Novel Tanah Putih karya Kris Budiman layak untuk dijadikan bahan ajar sastra, ditinjau dari aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: pembelajaran sastra; novel; tokoh; psikologi kepribadian humanistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:04
Last Modified: 13 Jul 2022 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29792

Actions (login required)

View Item View Item