PENGARUH PENAMBAHAN BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN ASAM JAWA (Tamarindus indica L.) TERHADAP KOMPONEN MUTU IKAN LAYANG PINDANG

YULIA, ISNAWATI (2022) PENGARUH PENAMBAHAN BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN ASAM JAWA (Tamarindus indica L.) TERHADAP KOMPONEN MUTU IKAN LAYANG PINDANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2. NASKAH SKRIPSI - YULIA ISNAWATI (J1A016104).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ikan merupakan bahan hewani yang sangat melimpah di Indonesia. Ikan merupakan salah satu sumber protein yang banyak dikonsumsi masyarakat. Kandungan protein ikan layang yaitu 22/100gram dan kandungan air yaitu 74/100gram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan bawang putih dan asam jawa terhadap komponen mutu ikan layang pindang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan percobaan faktorial yang terdiri dari dua faktor yaitu proporsi bawang putih (B) dan proporsi asam jawa (A) dengan Masing-masing kedua aras faktor dikombinasi sehingga terdapat 9 kombinasi dan diulang sebanyak 3 kali ulangan sehingga diperoleh 27 sampel. Parameter yang diamati meliputi Kadar Air, nilai pH, Kadar Protein, Total Mikroba, Organoleptik dan Daya Simpan. Data hasil pengamatan kimia dan organoleptik dianalisis dengan analisis keragaman (analysis of variance) dengan taraf nyata 5% menggunakan software Costat. Pada parameter yang berbeda nyata di uji lanjut menggunakan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan bawang putih dan asam jawa tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air, nilai pH, uji organoleptik tekstur dan aroma akan tetapi memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kadar protein, uji total mikroba dan uji organoleptik warna dan rasa. Semakin tinggi konsentrasi bawang putih dan asam jawa yang ditambahkan menyebabkan penurunan nilai pH dan kadar protein. Perlakuan dengan penambahan bawang putih 7% dan asam jawa 3% merupakan perlakuan terbaik dengan kadar air 62.03%, nilai pH 4.59, kadar protein 27.51%, total mikroba 6.93 x 106 CFU/g serta mutu organoleptik yang dapat diterima panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ikan layang, Bawang putih, Asam jawa
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2022 23:51
Last Modified: 13 Jul 2022 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29798

Actions (login required)

View Item View Item