PENGARUH PROPORSI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DAN TEPUNG KACANG KOMAK (Lablab purpureus (L.) Sweet) TERHADAP MUTU BAKSO ANALOG

SUCI, RACHMAWATI (2022) PENGARUH PROPORSI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DAN TEPUNG KACANG KOMAK (Lablab purpureus (L.) Sweet) TERHADAP MUTU BAKSO ANALOG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SUCI RACHMAWATI_J1A017106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proporsi jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) dan tepung kacang komak (Lablab purpureus (L.) Sweet) terhadap mutu bakso analog. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan perlakuan proporsi jamur tiram : tepung kacang komak (100%:0% ; 90%:10% ; 80%:20% ; 70%:30% ; 60%:40% ; 50%:50%). Masing-masing perlakuan dibuat 3 kali ulangan. Parameter kimia yang diamati meliputi kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak. Parameter organoleptik meliputi aroma, rasa dan tekstur yang diuji dengan metode hedonik dan skoring. Data hasil pengamatan diuji dengan analisis keragaman (Analysis of Varience) dengan taraf nyata 5% menggunakan Co-Stat. Apabila terdapat perbedaan nyata maka dilakukan uji lanjut menggunakan Benar Nyata Jujur (BNJ) pada taraf yang sama yaitu 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi jamur tiram dan tepung kacang komak memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, warna dan tekstur. Perlakuan proporsi jamur tiram dan tepung kacang komak 70%:30% merupakan perlakuan terbaik dengan kadar air 64,50%, kadar abu 1,74%, kadar protein 5,60%, kadar lemak 1,63% serta mutu organoleptik yang dapat diterima oleh panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Bakso Analog, Jamur Tiram, Tepung Kacang Komak.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2022 23:51
Last Modified: 13 Jul 2022 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29800

Actions (login required)

View Item View Item