PENGARUH JUMLAH DAN WAKTU PENYISIPAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SORGUM (Sorghum bicolor L.) PADA SISTEM TUMPANGSARI DI LAHAN KERING LOMBOK UTARA

Haris, Suparman (2022) PENGARUH JUMLAH DAN WAKTU PENYISIPAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SORGUM (Sorghum bicolor L.) PADA SISTEM TUMPANGSARI DI LAHAN KERING LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Haris Suparman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pertumbuhan dan hasil tanaman sorgum yang di tumpangsarikan dengan tanaman kacang tanah yang ditanam pada waktu dan jumlah sisipan yang berbeda pada pola tanam tumpangsari di lahan kering Lombok Utara. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial. Dengan menggunakan dua faktor yaitu, pertama waktu tanam terdiri dari W1= waktu tanam setelah tanam kacang tanah, W2= waktu tanam bersamaan dengan kacang tanah dan W3= waktu tanam sebelum tanam kacang tanah, faktor kedua jumlah sisipan terdiri dari 1 baris kacang tanah, 2 baris kacang tanah, 3 baris kacang tanah dan 4 baris kacang tanah. Data dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA) san uji Beda Nyata Jujur (Tukey’s HSD) pada taraf nyata 5% menggunakan program Costat fot Windows. Hasil penelitian menunjukkan waktu tanam memberikan pengaruh signifikan terhadap pertumbuh dan hasil tanaman sorgum, yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, bobot malai, bobot biji permalai, jumlah biji, dan hasil (ton/ha). Perlakuan jumlah penyisipan juga memberikan hasil yang bebeda nyata pada pertumbuhan dan hasil sorgum, yaitu pada panjang malai, berat berangkasan kering, bobot malai pertanaman, bobot bijji/malai, jumlah biji dan hasil ton/ha. Interaksi anatara kedua faktor hanya terlihat pada parameter jumlah daun dan umur berbunga sorgum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Sistem tumpangsari, waktu tanam, pengaturan tanam , sorgum
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2022 23:51
Last Modified: 13 Jul 2022 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29801

Actions (login required)

View Item View Item