PERAN GANDA PEREMPUAN PEMECAH BATU DALAM MEMBANTU MEMENUHI KEBUTUHAN EKONOMI KELUARGA (Di Dusun Medain Desa Badrain Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat)

Novi, Heriawati (2022) PERAN GANDA PEREMPUAN PEMECAH BATU DALAM MEMBANTU MEMENUHI KEBUTUHAN EKONOMI KELUARGA (Di Dusun Medain Desa Badrain Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kedudukan perempuan dalam sebuah rumah tangga secara umum memiliki wewenang dan tanggung jawab yang berebeda dari peria yang merupakan kepala rumah tangganya. Dan peran perempuan dalam rumah tangga saat ini telah bergeser ke ranah luar rumah, dalam arti perempuan keluar rumah untuk bekerja membantu suami. Pemenuhan kebutuhan rumah tangga merupakan tanggung jawab suami, baik hal pemenuhan kebutuhan ekonomi, pendidikan dan tempat tinggal. Peran perempuan dalam membantu kegiatan ekonomi keluarga dapat dilakukan melalui kegiatan membantu ekonomi keluarga.Rumusan masalah pada penelitan ini, bagaimana peran perempuan pemecah batu dalam membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga di Dusun Medain Desa Badrain Kecamatan Narmadau, bagaimana dampak peran ganda perempuan pemecah batu teerhadap kehidupan rumah tangga di Desa Badrain Kecamatan Narmada jumlah pada penelitian ini adalah jumlah perempuan atau ibu rumah tangga yang berasal dari desa Badrain yang bekerja sebagai pemecah batu berjumlah 201 orang. Sedangkan informan pada peneliti ini terdiri dari 14 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta fenomena yang di selidiki. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa perempuan yang bekerja sebagai pemecah batu tetap menjalankan peran nya ibu rumah yang membuat istri ikut serta bekerja sebagai pemecah batu di karenakan minimnya pendapatan ekonomi keluarga, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari- hari mengakibatkan perempuan pemecah batu mengalami peran ganda sebagai ibu rumah tangga dan buruh pemecah batu supaya kebutuhan ekonomi bisa tercukupi. Kegiatan yang di lakukan perempuan atau ibu rumah tangga tidak hanya memecah batu melainkan menaiki batu atau pasir ke dam, dan ada juga buruh perempuan pemecah batu ada pekerjaan sampingan seperti petik cabe dan menanam padi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Peran Ganda Perempuan, Pemecah Batu
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2022 23:51
Last Modified: 13 Jul 2022 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29805

Actions (login required)

View Item View Item