POPULASI BAKTERI DAN RESPIRASI MIKROBA TANAH PADA RHIZOSFER TANAMAN JAGUNG ( Zea mays L. ) AKIBAT PEMBERIAN PUPUK TERPADU DAN BIOCHAR SEKAM PADI PADA MASA VEGETATIF MAKSIMUN

Eta, Saputra (2022) POPULASI BAKTERI DAN RESPIRASI MIKROBA TANAH PADA RHIZOSFER TANAMAN JAGUNG ( Zea mays L. ) AKIBAT PEMBERIAN PUPUK TERPADU DAN BIOCHAR SEKAM PADI PADA MASA VEGETATIF MAKSIMUN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ETA SAPUTRA _C1B017021 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lahan pertanian di Indonesia sangat luas merupakan lahan kritis yang belum diolah dengan baik sehingga menyebabkan kualitas tanah menurun dan berakibat pada penurunan produktivitas pertanian. Pengelolaan pupuk terpadu merupakan sebuah sistem yang mengkombinasikan penggunaan pupuk organik dan pupuk anorganik dalam rangka meningkatkan produktivitas lahan dan kelestarian lingkungan. Pupuk anorganik yang diberikan haruslah dalam jumlah yang tidak menekan pertumbuhan mikroorganisme tanah dan pupuk organik yang diberikan haruslah dalam jumlah yang cukup. Kombinasi kedua jenis pupuk tersebut dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk anorganik. Hanya dengan cara ini keberlanjutan produksi tanaman dan kelestarian lingkungan dapat dipertahankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Populasi Bakteri dan Respirasi Mikroba pada rhizosfer tanaman jagung akibat pemberian pupuk terpadu dan bahan pembenah tanah biochar sekam padi pada masa vegetatif maksimum. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental dengan percobaan polybag di rumah kaca pada bulan Juli sampai September 2021. Percobaan ditata dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 kombinasi perlakuan P0 ( Perlakuan kontrol), P1 ( Pemberian Urea + phonska ), P2 ( Pemberian Urea + Phonska + Biochar ), P3 ( Pemberian Urea + Phonska + BPF ), P4 ( Pemberian Urea + Phonska + Biochar + BPF ), P5 ( Pemberian Urea + Phonska + BPF + Kompos ), P6 (Pemberian Urea + Phonska + Biochar + BPF + Kompos ). Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali, sehingga diperoleh sebanyak 21 unit polybag percobaan. Parameter yang diukur adalah total populasi bakteri, populasi bakteri pelarut fospat, respirasi mikroba tanah, pH, kapasitas tukar kation, dan C-Organik.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberian pupuk terpadu ( anorganik, kompos dan hayati-BPF) dan biochar sekam padi berpengaruh nyata terhadap total populasi bakteri, BPF dan respirasi mikroba tanah pada rhizosfer tanaman jagung yang diamati pada saat vegetatif maksimum. Total bakteri, Total Bakteri pelarut Fospat dan Respirasi Mikroba yang nisbi tinggi diperoleh pada perlakuan P5 dan P6 yang mana pada masing-masing perlakuan diberikan masukan pupuk terpadu dan biochar sekam padi. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa kombinasi pupuk anorganik + pupuk organik + bpf dan biochar menjadi kombinasi terbaik dalam meningkatkan total populasi bakteri, bakteri pelarut fospat dan respirasi mikroba tanah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kualitas tanah, pupuk, organik.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2022 23:51
Last Modified: 13 Jul 2022 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29807

Actions (login required)

View Item View Item