ANALISIS PERMINTAAN BENIH JAGUNG DI KECAMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA

Dinda, Kurniati (2022) ANALISIS PERMINTAAN BENIH JAGUNG DI KECAMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Fiksasi Skripsi Dinda Kurniati edit ntar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan benih jagung di Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. 2) Untuk menganalisis elastisitas permintaan benih jagung di Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. 3) Untuk mengetahui hambatan/kendala apa saja yang dihadapi para petani pada permintaan benih jagung di Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima dengan menetapkan tiga desa di Kecamatan Madapangga sebagai lokasi penelitian ditentukan secara “Purposive Sampling” dengan pertimbangan bahwa tiga desa tersebut memiliki permintaan benih jagung terbanyak, menengah dan sedikit. Penentuan responden dalam penelitian ini ditentukan secara “Proportional Random Sampling” yaitu cara pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan cara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi tersebut. Analisis data yang digunakan adalah analisis data transformasi logaritma Cobb-Douglas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan benih jagung adalah: Luas lahan, harga benih jagung, harga pupuk, harga pestisida, harga jagung musim sebelumnya, produksi jagung musim sebelumnya, Dummy1 dan Dummy 2. Untuk elastisitas permintaan benih jagung terdapat dua elastisitas yaitu elastisitas harga dan elastisitas silang. Terdapat beberapa hambatan yang dialami petani yaitu hambatan secara umum, dalam segi prasaran, dalam segi ekonomi dan dalam segi pemasaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Permintaan Benih Jagung, Faktor-faktor yang mempengaruhi, Elastisitas Permintaan, Hambatan/kendala.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2022 23:51
Last Modified: 13 Jul 2022 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29808

Actions (login required)

View Item View Item