PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PENGGUNA JASA, INFLUENCER DAN MANAGEMENT DALAM MELAKUKAN SUATU ENDORSEMENT (Studi di Management Lombok Influencer)

SHENDY, AREL WAHYUDI (2022) PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PENGGUNA JASA, INFLUENCER DAN MANAGEMENT DALAM MELAKUKAN SUATU ENDORSEMENT (Studi di Management Lombok Influencer). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SHENDY AREL WAHYUDI ( D1A115308 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hukum dan pertanggung jawaban hukum di dalam perjanjian kerjasama antara influencer, management, dan pengguna jasa endorsement dalam melakukan suatu endorsement. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan normatif-empiris bersifat deskriptif analisis. Jenis data yang di gunakan terdiri atas data primer yakni peraturan perundang-undangan dan data sekunder yang berasal dari buku�buku ataupun karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan data kepustakaan dan data lapangan yang di analisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dalam perjanjian endorsement antara influencer, manajemen dan pengguna jasa telah lahir hubungan hukum atas dasar perjanjian. Namun hubungan hukum antara masing masing pihak berbeda, talent (influencer) hanya memiliki keterikatan terhadap pihak manajemen dan pihak pengguna jasa juga hanya memiliki keterikatan terhadap pihak manajemen. Hal ini menyebabkan pihak pengguna jasa tidak boleh melakukan perintah atau complain terhadap influencer, begitu juga sebaliknya dan Pertanggungjawaban hukum yang dilakukan influencer dan manajemen jika melakukan wanprestasi adalah yang pertama jika influencer terlambat melaksanakan tugasnya maka akan digantikan dengan influencer yang lain, yang kedua adalah ganti rugi dengan pengembalian sejumlah dana apabila perjanjian endorsement tidak dapat dilanjutkan. Lalu jika pihak pengguna jasa telat melakukan pembayaran maka akan dilakukan penagihan atau somasi. .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perjanjian Kerjasama, Pengguna Jasa, Influencer, Management, Endorsment
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2022 23:31
Last Modified: 14 Jul 2022 23:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29818

Actions (login required)

View Item View Item