PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL TERINTEGRASI STEM PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS QAMARUL HUDA BAGU

SAMSUL, HADI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL TERINTEGRASI STEM PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS QAMARUL HUDA BAGU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS SAMSUL HADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Samsul Hadi, 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Terintegrasi STEM pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII di MTs Qamarul Huda Bagu. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Mataram. Pembimbing I Dr. Muntari, M. Phil dan Pembimbing II Dr. Burhanuddin, MS. Penelitian dengan judul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Terintegrasi STEM pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII di MTs Qamarul Huda Bagu merupakan penelitian Research and Development (R & D). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan yang dilakukan diadopsi dari pengembangan model Dick and Carrey dengan 9 tahapan pengembangan. Penelitian dilakukan di MTs Qamarul Huda Bagu dengan subjek penelitian yaitu kelas VII A dan VII C. Produk yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, LKPD dan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangakat yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian tiga validator ahli. Uji kepraktisan perangkat pembelajaran menggunakan lembar observasi, angket respon guru dan angket respon peserta didik menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Uji efektifitas menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan lima soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah berdasarkan hasil analisis N-gain peningkatannya berada pada kategori tinggi. Hasil uji efektifitas ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan menggunakan model PBL terintegrasi STEM efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model PBL, Pendekatan STEM, dan Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2022 23:31
Last Modified: 14 Jul 2022 23:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29820

Actions (login required)

View Item View Item