PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA SMA KELAS XI

AMINAH, AMINAH (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA SMA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AMINAH FIX PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan e-modul kimia berbasis kontekstual pada materi larutan penyangga dan untuk mengetahui kualitas e-modul yang dikembangkan ditinjau dari tingkat kevalidan dan kepraktisan. E-modul kimia berbasis kontekstual pada materi larutan penyangga telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang sampai pada tahap develop. Subjek dalam penelitian ini yaitu 60 peserta didik kelas XI SMAN 1 Sakra. Data yang diambil dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, angket, dan dokumentasi. E-modul yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh validator ditinjau dari beberapa aspek penilaian dengan nilai rata-rata didapatkan sebesar 83,25 % serta sangat praktis dengan rata-rata persentase dari guru kimia dan peserta didik masing-masing sebesar 91,13% dan 87,82%. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa e-modul kimia berbasis kontekstual pada materi larutan penyangga yang telah dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran daring maupun pembelajaran secara tatap muka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: E-modul kimia, kontekstual, larutan penyangga, pembelajaran daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2022 23:31
Last Modified: 14 Jul 2022 23:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29821

Actions (login required)

View Item View Item