ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 01 TEMPOS

ISMAYA, OKTASYA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 01 TEMPOS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ISMAYA OKTASYA E1E218070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika siswa kelas V SDN 01 Tempos. Pada penelitian ini diterapkan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Salah satu bentuk penilaian dalam langkah memecahkan masalah adalah melihat sebagaimana siswa mampu dalam memahami soal cerita matematika. Sumber data pada penelitian ini yaitu hasil tes siswa dalam memecahkan soal cerita matematika yang berjumlah 20 hasil tes. Hasil tes siswa dianalisis berdasarkan langkah-langkah pemecahan Polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan melakukan evaluasi. Berdasarkan tolak ukur penilaian kemampuan pemecahan masalah siswa dikategorikan sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat siswa yang mendapatkan kriteria sangat baik. 1 siswa mendapatkan kriteria baik dengan persentase 5%. 2 siswa berkategori cukup dengan persentase 10%. 4 siswa berkategori kurang dengan persentase 20% dan 13 siswa berkategori sangat kurang dengan persentase 65%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN 01 Temppos berkategori kurang, seusai perhitungan jumlah nilai keseluruhan 641dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 32,05. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi kepada guru untuk lebih giat memberikan latihan soal cerita matematika kepada siswa agar kemampuan siswa dalam memecahkan soal cerita matematika menjadi lebih baik dan bagi peneliti selanjutnya untuk menganalisis kemampuan pecahan masalah soal cerita matematika di kelas lain dan dengan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Analisis, Kemampuan, Pemecahan Masalah, Soal Cerita Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2022 23:31
Last Modified: 14 Jul 2022 23:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29823

Actions (login required)

View Item View Item