PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERPEDOMAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN PRAKTIKUM KIMIA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK SISWA SMA KELAS XI MIA SMAN 1 LINGSAR

RARA, NABILLA ARIENO (2022) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERPEDOMAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN PRAKTIKUM KIMIA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK SISWA SMA KELAS XI MIA SMAN 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rara Nabilla Arieno.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat praktikalitas modul praktikum kimia kelas XI MIA SMAN 1 Lingsar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan rancangan penelitian dari model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan atau yang biasa disebut dengan model 4D (define, design, develop and disseminate). Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 1 Lingsar, sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 58 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling. Data tingkat praktikalitas modul praktikum yang telah diuji kelayakan dan reliabilitasnya dikumpulkan menggunakan angket dengan skala Likert. Empat indikator tingkat praktiklaitas yang diukur dalam penelitian ini adalah kemenarikan, kemudahan penggunaan, waktu pelaksanaan dan manfaat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat praktikalitas modul pratkikum kimia dengan empat indikator tersebut masuk ke dalam kategori sangat praktis dengan presentase respon peserta didik sebesar 92.47% dan persentase repon guru kimia sebesar 94.85%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengembangan, praktikalitas, modul praktikum, kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2022 23:31
Last Modified: 14 Jul 2022 23:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29828

Actions (login required)

View Item View Item