PEMAHAMAN GURU BAHASA INDONESIA SMP, SMPIT, DAN MTs TENTANG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS DI KECAMATAN SEKONGKANG KABUPATEN SUMBAWA BARA

FAHMI, FAHLIZI (2022) PEMAHAMAN GURU BAHASA INDONESIA SMP, SMPIT, DAN MTs TENTANG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS DI KECAMATAN SEKONGKANG KABUPATEN SUMBAWA BARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS FAHMI FAHLIZI I2H020015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pemahaman guru bahasa indonesia di Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat terhadap pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP, SMPIT, dan MTs. Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data dalam penilitian ini yaitu metode simak dan metode cakap. Sedangkan metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode padan intralingual teknik HBB, HBS, dan HBSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) ditinjau dari pemahaman terhadapjenis teks sudah mampu memahami dengan baik; (b) ditinjau dari pemahaman terhdap struktur teks sudah mampu memahami dengan baik; (c) ditinjau dari pemahaman terhdap tujuan social teks sudah mampu memahami dengan baik juga; sedangkan (d) ditinjau dari pemahaman terhadap penggunaan piranti kebahasaan masih belum mampu memahami secara maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pemahaman Guru, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Teks
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jul 2022 05:41
Last Modified: 15 Jul 2022 05:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29850

Actions (login required)

View Item View Item