ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SDN NGOLANG PASCA PROGRAM SEMUA ANAK CERDAS (SAC)

LITA, PURNAMA SARI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SDN NGOLANG PASCA PROGRAM SEMUA ANAK CERDAS (SAC). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LITA PURNAMA SARI fixx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan numerasi merupakan satu diantara kecakapan fundamental siswa yang pentin dalam berbagai aspek kehidupan, namun dalam satu kelas tidak semua siswa memiliki kemampuan numerasi yang baik dan sama. Upaya yang dapat dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan program Semua Anak Cerdas (SAC). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan numeracy siswa SDN Ngolang setelah pelaksanaan program Semua Anak Cerdas (SAC) dan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan mengenal lambang bilangan dengan kemampuan menyelesaikan soal operasi hitung dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan inferensial, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari 58 siswa yang mengikuti tes, diketahui kecakapan mengenal lambang bilangan siswa sebagian besar pada level 4 digit yaitu 34 siswa dengan persentase 58,62%, kemampuan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung dasar sebagian besar salah menjawab dua soal yaitu sebanyak 22 siswa dengan persentase 37,93% dan sebagian besar siswa menjawab benar pada soal operasi hitung pengurangan yaitu 52 siswa dengan persentase 89,65%, sedangkan hasil uji korelasi diperoleh nilai sig sebesar 0,001. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan mengenal lambang bilangan dengan kemampuan menyelesaikan soal operasi hitung dasar siswa SDN Ngolang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Numerasi, SAC, Level
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2022 23:54
Last Modified: 17 Jul 2022 23:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29856

Actions (login required)

View Item View Item