KONSTRUKSI SOSIAL PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PERUBAHAN PERILAKU DAN KEMANDIRIAN KELUARGA PENERIMA MANFAAT DI KELURAHAN PANCOR

Arviani, Dwi Aryani (2022) KONSTRUKSI SOSIAL PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PERUBAHAN PERILAKU DAN KEMANDIRIAN KELUARGA PENERIMA MANFAAT DI KELURAHAN PANCOR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BISSMILLAH. SKRIPSI ARVIANI DWI ARYANI KONSTRUKSI SIDANG scan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sekaligus mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia dengan pelaksanaan program keluarga harapan. Akan tetapi, terdapat permasalahan berupa adanya keluarga penerima manfaat yang belum memahami sepenuhnya tujuan dari PKH, informan tidak memahami tujuan dari pertemuan peningkatan kemampuan keluarga sehingga menjadi salah satu penyebab kurangnya kesadaran kemandirian. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis konstruksi sosial peran pendamping program keluarga harapan dalam perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Peter L. Berger untuk menganalisa konstruksi sosial peran pendamping. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatankualitatif dengan rancangan penelitian fenomenologi. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta untuk keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode, teori dan sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat proses konstruksi sosial peran pendamping dalam perubahan perilaku dan kemandirian penerima manfaat dengan menunjukan peran pendamping dalam pelaksanaan pendampingan sebagai fasilitator, edukator, motivator dan mediator serta menunjukan adanya pengaruh latar belakang ataupun pengalaman saat sebelum menjadi pendamping, proses diklat hingga pengalaman yang didapatkan selama menjadi pendamping sebagai hasil interaksi sosial individu pendamping dengan lingkungannya terhadap pelaksanaan peran dalam proses pendampingan. Selain itu, penelitian ini menunjukan bentuk pemaknaan dan pemahaman penerima manfaat atas peran pendamping serta menunjukan analisis menggunakan teori konstruksi sosial Peter L. Berger yang menunjukan adanya 3 (tiga) momen dalam proses konstruksi sosial yaitu ekternalisasi menunjukan pencurahan diri melalui pelaksanaan perannya dan menunjukan adanya pengaruh hasil interaksi individu penerima manfaat dengan lingkungannya terhadap cara atau metode pendamping dalam pendampingan, momen objektivasi yang merupakan proses pelembagaan atau legitimasi dan menjadi proses pembiasaan karena dilakukan secara berulang oleh pendamping dan momen internalisasi menunjukan upaya pendekatan dengan kekeluargaan dan penekanan untuk graduasi mandiri serta menjalankan peran sebagai fasilitator, edukator, motivator dan mediator merupakan bentuk pemahaman dan penafsiran pendamping bahwa dengan pendekatan dan peran tersebut dapat menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian penerima manfaat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Peran pendamping, konstruksi, perubahan perilaku dan kemandirian
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2022 23:54
Last Modified: 17 Jul 2022 23:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29857

Actions (login required)

View Item View Item