ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI NILAI TEMPAT BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN NUMERASI DASAR KELAS III MIS NURUL HIDAYAH NW LENDANG KEKAH

YULIA, HARIANTI (2022) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI NILAI TEMPAT BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN NUMERASI DASAR KELAS III MIS NURUL HIDAYAH NW LENDANG KEKAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULIA HARIANTI_E1E018151 fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Miskonsepsi sering terjadi pada siswa, khususnya pada pembelajaran numerasi. Nilai tempat merupakan konsep yang fundamental dalam pembelajaran numerasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa kelas III pada materi nilai tempat bilangan. Miskonsepsi digolongkan menjadi 3 jenis yaitu Careless errors (Ca), Concept errors (Co), serta Careless errors and Concept errors (Ca and Co). Subjek penelitian yaitu 32 siswa kelas III MIS Nurul Hidayah NW Lendang Kekah. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model Analysis Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan miskonsepsi jenis Careless errors (Ca) dengan persentase tertinggi 9% (3 siswa). 68% dengan persentase tertinggi (22 siswa) melakukan miskonsepsi jenis Concept error (Co) dalam menyelesaikan soal nilai tempat bialangan. Serta ada 2 siswa dengan persentase sebesar 6% melakukan miskonsepsi jenis Careless and Concept error (Ca and Co). Siswa melakukan miskonsepsi disebabkan dari beberapa aspek, seperti kondisi siswa, guru, metode, buku, dan konteks.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Miskonsepsi, Numerasi Dasar, Nilai Tempat Bilangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:00
Last Modified: 18 Jul 2022 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29863

Actions (login required)

View Item View Item