IMPLEMENTASI KEMITRAAN KEHUTANAN ANTARA GABUNGAN KELOMPOK TANI HUTAN PUNCAK SEMARING DENGAN BKPH RINJANI TIMUR DI DESA MEKAR SARI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Dila, Kartika Dewi (2022) IMPLEMENTASI KEMITRAAN KEHUTANAN ANTARA GABUNGAN KELOMPOK TANI HUTAN PUNCAK SEMARING DENGAN BKPH RINJANI TIMUR DI DESA MEKAR SARI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI C1L017034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)

Abstract

Salah satu kebijakan pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan hutan adalah melalui kemitraan kehutanan. Gabungan Kelompok Tani Hutan Puncak semaring merupakan gabungan kelompok tani hutan yang bermitra dengan BKPH Rinjani Timur. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah Mengkaji pelaksanaan program kemitraan kehutanan antara Gabungan Kelompok Tani Hutan Puncak Semaring dengan BKPH Rinjani Timur, menentukan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan program kemitraan kehutanan antara Gabungan Kelompok Tani Hutan Puncak Semaring dengan BKPH Rinjani Timur, merumuskan strategi dalam pengelolaan kemitraan kehutanan antara Gabungan Kelompok Tani Hutan Puncak Semaring dengan BKPH Rinjani Timur. Untuk mengukur sejauh mana pelaksanaan program kemitraan kehutanan mengacu pada prinsip ostrom (1990). Metode penelitiaan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualtitatif-kuantitatif. Penentuan responden menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan wawancara, Focus Group Discussion atau FGD, observasi, dan studi pustaka. Identifikasi faktor pendukung dan penghambat serta strategi untuk peningkatan kapasitas kelembagaan Gabungan Kelompok Tani Hutan Puncak Semaring menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, rata-rata penilaian kelembagaan Program Kemitraan Kehutanan Gabungan Kelompok Tani Hutan Puncak Semaring adalah 29,11 poin, menunjukkan kriteria yang tinggi. Dari hasil analisis SWOT didapatkan faktor-faktor yang menjadi kekuatan antara lain dukungan dan kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap program kemitraan, keterlibatan stakeholderss, dan terjadinya penguatan kelembagaan. Sedangkan faktor penghambat kemitraan kehutanan antara lain SDM yang masih rendah, kurangnya modal, dan kurangnya penyuluhan. Dan strategi yang digunakan adalah S-O (Strenght – Opportunities) yaitu dengan mengoptimalkan program kemitraan guna mempertahankan dan meningkatkan potensi sumberdaya untuk dikelola dengan maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci; Kelompok Tani Hutan, Kemitraan Kehutanan, BKPH
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:00
Last Modified: 18 Jul 2022 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29865

Actions (login required)

View Item View Item