KARAKTER KUANTITATIF, KORELASI DAN HERITABILITAS BEBERAPA GENOTIPE KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) PADA CEKAMAN NAUNGAN TANAMAN JAGUNG VARIETAS PIONEER (Zea mays L.)

Mia, Widiani (2022) KARAKTER KUANTITATIF, KORELASI DAN HERITABILITAS BEBERAPA GENOTIPE KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) PADA CEKAMAN NAUNGAN TANAMAN JAGUNG VARIETAS PIONEER (Zea mays L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Mia Widiani_C1M016107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter kuantitatif, korelasi dan heritabilitas beberapa galur kacang tanah pada cekaman naungan tanaman jagung varietas pioneer. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor tunggal yaitu genotip kacang tanah dengan 15 aras perlakuan, dalam 3 kali ulangan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan Analisis Keragaman (Analisis of variance) pada taraf nyata 5%. Jika terdapat perbedaan yang nyata dilakukan uji lanjut dengan Uji DUNCAN pada taraf 5%. Derajat keeratan antar karakter kuantitatif dianalisis dengan menggunakan uji korelasi. Untuk mengetahui tanaman dipengaruhi lingkungan atau dipengaruhi oleh genetik maka dilakukan uji Heritabiltas arti luas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada intesitas cahaya rendah, genotip kacang tanah memberikan pengaruh yang berbeda nyata pada karakter tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang, panjang ruas, luas daun, dan jumlah polong per plot, sedangkan pada karakter bobot polong per rumpun dan per rumpun memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata. Karakter tinggi tanaman menunjukkan derajat keeratan positif nyata yang sangat kuat dengan karakter jumlah cabang dan karakter jumlah cabang berkorelasi positif kuat dengan karakter jumlah daun. Hampir semua karakter tanaman memiliki nilai heritabilitas sedang kecuali luas daun memiliki nilai heritabilitas yang tinggi pada karakter jumlah daun 30 hst, luas daun dan nilai heritabilitas rendah pada karakter jumlah polong per rumpun, berat kering per rumpun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :genotip, heritabilitas, korelasi, naungan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:00
Last Modified: 18 Jul 2022 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29868

Actions (login required)

View Item View Item