HUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022

NURJANAH, NURJANAH (2022) HUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURJANAH E1E215114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui hubungan kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di Kelas I V SDN 32 Cakranegara”. Penelitian ini disusun dengan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional tipe kausalitas atau hubungan satu arah diamana penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu hubungan antara kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar yaitu siswa kelas IV SD Negeri 32 Cakranegara yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A berjumlah 27 siswa dan kelas B berjumlah 28 siswa. Dengan jumlah keseluruhan kelas A dan B adalah sebanyak 55 siswa. Teknik atau metode pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) dan data hasil penelitian akan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan statistic inferensial. Berdasarkan hasil pengujian pearson correlation, menunjukkan adanya hubungan kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 32 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022. Memperoleh nilai rhitung > rtabel atau pearson correlation sebesar 0,413 > 0,235 Dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berada pada kategori kuat pada tabel interpretasi koefisien korelasi nilai r, sehingga dapat dikatakan hasil penelitian ini adalah signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kreativitas mengajar guru, Motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 00:55
Last Modified: 19 Jul 2022 00:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29880

Actions (login required)

View Item View Item