PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA

ZAHRATUR, RAODAH (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Zahraturraodah (E1Q013061).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran aktif dengan metode practice rehearsal pairs pada materi suhu dan kalor yang layak untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development (R&D)) dengan desain model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Tahap penelitian ini dibatasi sampai pada tahap develop. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Produk tersebut selanjutnya divalidasi oleh 3 orang ahli (dosen Fisika) dan ditentukan nilai validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang disusun memiliki kriteria cukup valid dan reliabel. Persentase validitasnya sebesar 80,83% untuk silabus; 83,33% untuk RPP; dan 79,17% untuk LKPD. Sedangkan persentase reliabilitasnya sebesar 89,40%; 89,70%; dan 91,20% untuk silabus, RPP, dan LKPD, dituliskan secara berurutan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan (dengan revisi) untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Practice Rehearsal Pairs, Penguasaan Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 00:55
Last Modified: 19 Jul 2022 00:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29881

Actions (login required)

View Item View Item