ANALISIS YURIDIS PERCERAIAN YANG DI DASARKAN TIDAK BERTANGGUNG JAWABNYA SEORANG ISTRI KEPADA SUAMINYA DALAM MENJALANKAN TUGAS DAN KEWAJIBANNYA (Studi Kasus Putusan Nomor 160/Pdt.G/2021/PN Mtr)

NI, PUTU ANGGITA CHANDRA DEWI (2022) ANALISIS YURIDIS PERCERAIAN YANG DI DASARKAN TIDAK BERTANGGUNG JAWABNYA SEORANG ISTRI KEPADA SUAMINYA DALAM MENJALANKAN TUGAS DAN KEWAJIBANNYA (Studi Kasus Putusan Nomor 160/Pdt.G/2021/PN Mtr). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi ni putu anggita chandra dewi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk lebih memahami mengenai akibat hukum yang di terima jika salah satu pihak dalam perkawinan melalaikan tugas dan kewajibannya sebagai suami istri di daerah kota mataram khususnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa akibat hukum melalaikan tugas dan kewajiban sebagai suami istri yaitu hal tersebut dapat dijadikan sebagai alasan mengajukan permohonan perceraian serta menjadikannya izin untuk berpoligami. Selanjutnya yang menjadikan dasar pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara tersebut ialah perselisihan terus menerus namun pasal 34 ayat (3) UU Perkawinan berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa jika salah satu pihak lalai dalam melalaikan tugas dan kewajiban maka salah satu pihak dapat mengajukan gugatan ke pengadilan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Dasar Putusan Hakim, Perceraian, Akibat Hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 00:55
Last Modified: 19 Jul 2022 00:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29890

Actions (login required)

View Item View Item