PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN SIMULASI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMAN 3 MATARAM

RATNAH, RATNAH (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN SIMULASI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMAN 3 MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
tesis final_Ratnah (29-06-22).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perangkat pembelajaran penting dikembangkan untuk menfasilitasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dapat dilakukan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatifnya adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi interaktif. Pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi interaktif merupakan pembelaajran yang berorientasi pada masalah dengan melibatkan simulasi interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi interaktif yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian & pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang dilakukan mengacu pada langkah-langkah pengembangan 4D, yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKPD, dan instrumen evaluasi kemampuan berpikir kreatif. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh tiga ahli pendidikan kimia Universitas Mataram. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA di Mataram. Pada uji coba produk, subjek diambil dua kelas. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif persentase, indek Aiken, Percentage of Agreement, dan N-gain. Data kevalidan menunjukkan bahwa komponen perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk pada kategori sangat valid dan reliabel. Hasil analisis data kepraktisan meliputi keterlaksanaan pembelajaran, proses berpikir kreatif selama pembelajaran, respon guru dan peserta didik terhadap perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori praktis. Hasil analisis data keefektifan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif baik secara umum maupun setiap indikator dalam kategori sedang-tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi interaktif sangat valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Kimia, Pembelajaran Berbasis masalah, Simulasi Interaktif, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 00:55
Last Modified: 19 Jul 2022 00:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29893

Actions (login required)

View Item View Item