IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN BAHASA KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK A DI TK RAUDATUSH SHIBYAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

DIAN, FAKHIRA (2022) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN BAHASA KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK A DI TK RAUDATUSH SHIBYAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAN FAKHIRA_PGPAUD_UNRAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengidentifikasi perkembangan bahasa keaksaraan anak kelompok A di TK Raudatush Shibyan Ampenan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif menggunakan analisis data model Miles and Huberman dengan rumus persentase. Adapun hasil perolehan persentase penelitian identifikasi perkembangan bahasa keaksaraan anak kelompok A sebagai berikut: dari 15 orang anak yang diteliti yang memiliki kriteria perkembangan bahasa keaksaraan belum berkembang sebanyak 9 orang anak dengan persentase 50,3%, kemudian kriteria perkembangan bahasa keaksaraan mulai berkembang sebanyak 3 orang anak dengan persentase 25,4%, dan kriteria perkembangan bahasa keaksaraan berkembang sesuai harapan sebanyak 3 orang anak dengan persentase 24,2%. Mengenal simbol-simbol huruf sudah mulai berkembang mencapai 68%, mengenal suara-suara hewan atau benda yang ada di sekitarnya mencapai 36%, membuat coretan yang bermakna mencapai 38%, meniru (menulis dan mengucapkan) huruf A�Z mencapai perkembangan 49%. Berdasarkan hasil persentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa keaksaraan anak kelompok A di TK Raudatush Shibyan Ampenan Tahun Pelajaran 2021/2022 belum berkembang. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor eksternal berasal dari lingkungan sekitar seperti keluarga, serta orang tua yang tidak pernah mengenalkan keaksaraan awal kepada anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Bahasa keaksaraan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 00:55
Last Modified: 19 Jul 2022 00:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29894

Actions (login required)

View Item View Item