ANALISIS ADVERSE DRUG EVENT (ADE) PADA TERAPI PASIEN SKIZOFRENIA DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT JIWA MUTIARA SUKMA PROVINSI NTB PADA BULAN DESEMBER 2021

ALFAN, FAUZI (2022) ANALISIS ADVERSE DRUG EVENT (ADE) PADA TERAPI PASIEN SKIZOFRENIA DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT JIWA MUTIARA SUKMA PROVINSI NTB PADA BULAN DESEMBER 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI_ALFAN FAUZI_K1A018003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skizofrenia merupakan gangguan jiwa berat yang mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku individu yang dapat disembuhkan menggunakan obat golongan antipsikotik dosis tunggal maupun kombinasi. Terapi antipsikotik berpotensi menyebabkan Adverse Drug Event (ADE) seperti sindrom ekstrapiramidal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persentase dan tingkat keparahan ADE di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma NTB. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional secara prospektif pada bulan Desember 2021. Teknik sampling yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 43 pasien terdiagnosa skizofrenia (F.20). Pengambilan data dilakukan dengan wawancara terhadap pasien dan/atau tenaga kesehatan serta telaah rekam medis. Instrumen yang digunakan adalah formulir MESO, algoritma Naranjo, serta skala Hartwig. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan software Microsoft Excel 2019 untuk mendapatkan persentase kejadian dan tingkat keparahan ADE. Hasil penelitian ini menunjukkan pasien skizofrenia didominasi oleh laki-laki (84%), usia 26-35 tahun (39%), pendidikan terakhir SD (31%), dan tidak bekerja (49%). Jenis skizofrenia yang paling banyak adalah skizofrenia paranoid (96%). Terapi yang diberikan didominasi oleh antipsikotik generasi kedua (atypical) yaitu risperidon (44%) sebagai terapi tunggal dan risperidon-klozapin (46%) sebagai terapi kombinasi. Dari 43 pasien, sebanyak 12% mengalami ADE yang disebabkan oleh terapi antipsikotik haloperidol (73%) dan risperidon (27%). Manifestasi ADE yang terjadi yaitu gejala ekstrapiramidal seperti kaku, hipersalivasi, rigiditas, dan tremor. Tingkat keparahan ADE diukur menggunakan skala Hartwig dan diperoleh hasil keparahan ADE yang terjadi berada pada level 3- 4 (100%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: skizofrenia, antipsikotik, adverse drug event (ADE).
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:37
Last Modified: 19 Jul 2022 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29919

Actions (login required)

View Item View Item