PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF NUHETHER KART (NUMBERED HEAD TOGETHER DAN KARTU ARISAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 30 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AMALIA, ZUMRATUL (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF NUHETHER KART (NUMBERED HEAD TOGETHER DAN KARTU ARISAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 30 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 30 Mataram pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Nuhether Kart (Numbered Heads Together Dan Kartu Arisan) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 30 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kolaboratif Nuhether Kart. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Metode analisis data menggunakan analisis ketuntasan belajar. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan metode tes pilihan ganda. Peningkatan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN 30 Mataram dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif Nuhether Kart dapat dilihat dari presentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 74% meningkat pada siklus II menjadi 87%. Penerapan model pembelajaran kolaboratif Nuhether Kart selama proses pembelajaran juga berpengaruh pada peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa yaitu aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I yaitu dari kategori cukup aktif meningkat menjadi kategori aktif dan aktivitas mengajar guru meningkat dari kategori cukup baik pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 30 Mataram sudah meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kolaboratif Nuhether Kart (Numbered Heads Together dan Kartu Arisan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:58
Last Modified: 24 Apr 2018 01:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2992

Actions (login required)

View Item View Item