STRATEGI KOMUNIKASI SATBINMAS POLRESTA MATARAM DALAM MENERTIBKAN SADAR BERLALU LINTAS DAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID -19

Aditya, Mulyanto (2022) STRATEGI KOMUNIKASI SATBINMAS POLRESTA MATARAM DALAM MENERTIBKAN SADAR BERLALU LINTAS DAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID -19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ADITYA MULYANTO (L1B017002).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)

Abstract

Lembaga kepolisian dalam menjalankan program maupun kegiatannya membutuhkan sebuah strategi komunikasi, sehingga dalam hal ini kepolisian perlu untuk membentuk sebuah strategi agar tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan dapat tercapai. Hal ini juga dilakukan oleh Satuan Bina Masyarakat Kepolian Resor Kota Mataram (Satbinmas Polresta Mataram). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Satbinmas Polresta Mataram dalam upaya penertiban sadar berlalu lintas dan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid – 19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur, Observasi terus terang atau tersamar, dan dokumentasi berupa gambar. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman dan menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Komunikasi yang digunakan oleh Satbinmas Polresta Mataram dalam upaya penertiban sadar berlalu lintas dan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid – 19 adalah dengan terjun langsung ke masyarakat untuk menyampaikan pesan, pesan yang disampaikan dilakukan dengan menerapkan metode Redudancy (repetition) dimana dalam penyampaian pesan dilakukan secara berulang – ulang untuk mempengaruhi khalayak, memanfaatkan media luar ruang (Baliho, Banner, Spanduk, Leaflet/Brosur) dan media sosial (Instagram). Bekerjasama dengan pihak yang berkompeten sebagai komunikator dalam setiap pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh Satbinmas Polresta Mataram. Berdasarkan hasil penelitian dari penggunaan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Satbinmas Polresta Mataram diharapkan dapat lebih memanfaatkan media sosial lainnya sehingga dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas, dan lebih memperhatikan waktu dalam menyebarluaskan pesan atau informasi agar dapat lebih banyak mendapat perhatian khalayak sebagai penerima pesan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pandemi Covid-19, Lalu Lintas, Satbinmas Polresta Mataram
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:37
Last Modified: 19 Jul 2022 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29920

Actions (login required)

View Item View Item