ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DI MAN 2 MATARAM

Silma, Safira Hifyatin (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DI MAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Silma Safira Hifyatin_(E1R017055).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa MAN 2 Mataram yang memiliki adversity quotient tipe climber, camper, dan quitter pada materi fungsi kuadrat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket adversity quotient, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan pedoman wawancara. Teknik penarikan sampel penelitian menggunakan purposive sampling, diperoleh siswa kelas XI IPA MAN 2 Mataram dimana 4 orang siswa dengan adversity quotient tipe climber, 23 orang siswa dengan tipe camper, dan 5 orang siswa dengan tipe quitter. Seluruh siswa diberikan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan dari setiap tipe adversity quotient diambil masing-masing 2 orang siswa untuk diwawancarai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang memiliki adversity quotient tipe climber memperoleh rata-rata nilai pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis 70.83 dengan kategori kreatif, dengan memenuhi indikator kelancaran dan fleksibel dengan baik. Selanjutnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki adversity quotient tipe camper memperoleh rata-rata nilai pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis sebesar 54.71 dengan kategori cukup kreatif, dengan indikator kelancaran dan fleksibel yang belum memenuhi keseluruhan. Dan yang terakhir kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki adversity quotient tipe quitter memperoleh rata-rata nilai pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis 10.00 dengan kategori tidak kreatif, tidak memenuhi indikator kelancaran, fleksibel, dan kebaruan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Adversity Quotient, Kelancaran, Fleksibel, Kebaruan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:37
Last Modified: 19 Jul 2022 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29921

Actions (login required)

View Item View Item