PENINDASAN PEREMPUAN TOKOH UTAMA MAGI DIELA DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM KARYA DIAN PURNOMO: KAJIAN FEMINISME RADIKAL

ZAKILA, ALWI (2022) PENINDASAN PEREMPUAN TOKOH UTAMA MAGI DIELA DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM KARYA DIAN PURNOMO: KAJIAN FEMINISME RADIKAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZAKILA ALWI (E1C018108).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Permasalahan yang diangkat penelitian ini bagaimanakah penindasan perempuan tokoh utama Magi Diela di Sumba dalam bentuk subordinasi, stereotipe, dan kekerasan dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo menggunakan kajian feminisme radikal ditinjau dari aspek ketidakadilan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penindasan perempuan tokoh utama Magi Diela di Sumba dalam bentuk subordinasi, stereotipe, dan kekerasan dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo menggunakan kajian feminisme radikal ditinjau dari aspek ketidakadilan gender. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian adalah novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Metode pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan penindasan bentuk subordinasi dengan keputusan perempuan selalu dinomorduakan, penindasan bentuk stereotipe negatif dengan pemikiran masyarakat, dan penindasan bentuk kekerasan fisik dalam ranah domestik dan publik. Berdasarkan keseluruhan penindasan dalam penelitian ini diketahui penindasan yang paling menonjol adalah bentuk kekerasan fisik dalam ranah domestik dan publik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: Penindasan, Feminisme Radikal, Magi Diela.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:37
Last Modified: 19 Jul 2022 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29924

Actions (login required)

View Item View Item