ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 5 KOTA BIMA TAHUN AJARAN 2021/2022

Tara, Rezika Aliffianti (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 5 KOTA BIMA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TARA REZIKA ALIFFIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes kemampuan komunikasi matematis, dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek pada penelitian ini dengan cara purposive sampling, diperoleh 6 siswa kelas VIII-1 SMPN 5 Kota Bima dimana 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Keenam siswa diberi soal tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual berada pada kategori cukup, serta siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik memiliki kemampuan komunikasi matematis yang berada pada kategori kurang. Hal ini ditandai oleh siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi indikator menulis dan ekspresi matematika tetapi belum mampu memenuhi indikator menggambar. Siswa dengan gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik belum mampu memenuhi indikator menulis, ekspresi matematika, dan menggambar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : kemampuan komunikasi matematis, gaya belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:55
Last Modified: 21 Jul 2022 01:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29930

Actions (login required)

View Item View Item