PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PhET BERBASIS VIRTUAL LAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI ASAM BASA PADA MASA PANDEMI COVID-19

ANNISA, MUJRIATI (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PhET BERBASIS VIRTUAL LAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI ASAM BASA PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIXS_ANNISA MUJRIATI(E1M017003) Fixs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran PhET berbasis virtual lab terhadap motivasi belajar siswa materi asam basa pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian sebanyak 103 siswa kelas XI IPA MAN 2 Mataram. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket media PhET berbasis virtual lab materi asam basa dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif , uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan gambaran terhadap data yang diteliti melalui data sampel atau populasi. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa hubungan antara variabel X dan Y merupakan hubungan garis lurus/linier, dan bentuk distribusi variabel X dan Y normal. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan korelasi product moment menunjukkan nilai korelasi sebesar 0.245; koefisien determinasi sebesar 24.5 % . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PhET berbasis virtual lab terdapat pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa materi asam basa pada masa pandemi COVID-19 pada siswa kelas XI IPA MAN 2 Mataram tahun 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Motivasi belajar, media pembelajaran PhET, asam basa, MAN 2 Mataram.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:55
Last Modified: 21 Jul 2022 01:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29932

Actions (login required)

View Item View Item