STANDAR ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK TERBITAN MEDIATAMA TEMA 8 “DAERAH TEMPAT TINGGALKU” SERI HOTS KELAS IV KURIKULUM 2013

MULYADI, SETIAWAN (2022) STANDAR ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK TERBITAN MEDIATAMA TEMA 8 “DAERAH TEMPAT TINGGALKU” SERI HOTS KELAS IV KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi buku teks tematik terbitan Mediatama tema 8 Daerah Tempat Tinggalju seri HOTS kelas IV Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, analisis dimulai dengan membaca dan menelaah seluruh data yang telah tersedia. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa buku teks tematik terbitan Mediatama tema 8 Daerah Tempat Tinggalku seri HOTS kelas IV Kurikulum 2013 dilihat dari segi kelayakan isi, bahasa dan penyajian sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh BSNP. Akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan baik dari segi isi, bahasa, dan penyajian dilihat dari segi isi terdapat beberapa kekurangan pada materi yang mendukung tercapainya KI dan KD, dan beberapa pembelajaran tidak memuat salah satu dari dimensi pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural. Dari segi bahasa terdapat beberapa kekurangan pada bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa indonesia dan EYD serta penyampaian pesan antar kalimat dalam paragraf tidak memiliki keterkaitan. Sedangkan dari segi penyajian terdapat indeks dan glosarium yang berisi istilah penting dalam teks tidak disertai dengan penjelasan istilah tersebut. Simpulan, kelayakan isi, bahasa, dan penyajian yang terdapat dalam buku ini sudah memenuhi standar yang telah ditetepkan oleh BSNP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: : Analisis kelayakan Isi, Bahasa, dan Penyajian, Buku Teks Tematik Terbitan Mediatama, seri HOTS, Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:55
Last Modified: 21 Jul 2022 01:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29937

Actions (login required)

View Item View Item