ESTIMASI PARAMETER PADA RANCANGAN ACAK KELOMPOK SIMETRIS DAN TAK LENGKAP SEIMBANG DENGAN METODE ROBUST M (Studi Kasus : Pengendalian Hama Gulma pada Tanaman Tebu)

ALMAGHFIRAH, ALMAGHFIRAH (2022) ESTIMASI PARAMETER PADA RANCANGAN ACAK KELOMPOK SIMETRIS DAN TAK LENGKAP SEIMBANG DENGAN METODE ROBUST M (Studi Kasus : Pengendalian Hama Gulma pada Tanaman Tebu). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Almaghfirah (G1D016004) Fiks .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rancangan percobaan (design of experiment) merupakan pengaturan pemberian perlakuan pada unit-unit percobaan dengan tujuan agar keragaman respon yang ditimbulkan oleh keadaan lingkungan dan keheterogenan bahan percobaan yang digunakan dapat diminimalisir. Penelitian ini menggunakan data tanaman tebu satu faktor yang diberi perlakuan berupa 10 level herbisida untuk mengendalikan hama gulma pada tanaman tebu sedangkan blok berupa 4 replika lahan. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan rancangan acak kelompok lengkap simetris dan tak lengkap seimbang dengan metode Robust M dan mengestimasi hasil parameter rancangan acak kelompok simetris dan tak lengkap seimbang dengan metode Robust M. Adanya outlier dapat berdampak terhadap hasil estimasi parameter menjadi bias dan mengacaukan hasil analisis variansi (ANOVA). Salah satu metode penyelesaian outlier adalah metode Robust M. Metode Robust M diasumsikan dengan variabel yang merupakan variabel outlier sehingga diperoleh ( ) dengan memisalkan maka didapatkan model estimasi RAKL dan RAKTLS yaitu ̂ ( ) , sehingga diperoleh nilai penduga bagi parameter model rancangan yang resistant terhadap outlier. Hasil estimasi parameter pada tanaman tebu didapatkan estimasi yang konvergen sampai iterasi ke-1 untuk RAKL dan RAKTLS konvergen sampai iterasi ke-1.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Metode Robust M, Rancangan Percobaan, RAKL, RAKTLS, RAKL yang mengandung outlier, RAKTLS yang mengandung outlier
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:55
Last Modified: 21 Jul 2022 01:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29938

Actions (login required)

View Item View Item