HUBUNGAN TEKNIK RELAKSASI NAPAS DALAM TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PERAWAT RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) DI RSUD DR. R. SOEDJONO SELONG

Holila, Sajidah (2022) HUBUNGAN TEKNIK RELAKSASI NAPAS DALAM TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PERAWAT RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) DI RSUD DR. R. SOEDJONO SELONG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI_Holila Sajidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Di Indonesia, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan sekitar 6% penduduk Indonesia berusia di atas 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, salah satunya ganggguan kecemasan. Profesi perawat diketahui sering mengalami kelelahan, terutama perawat yang bertugas di ruang ICU yang ditugaskan merawat pasien dengan kondisi kritis. Kelelahan dan beban kerja yang tinggi pada akhirnya dapat menyebabkan timbulnya gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan pada perawat akan berdampak pada kinerja perawat dan memberikan pengaruh yang kurang baik terhadap kesehatan pasien, sehingga diperlukan tindakan lebih lanjut untuk mengurangi gangguan kecemasan yang dirasakan. Salah satu terapi non-farmakologis yang dapat mengurangi ganggguan kecemasan yaitu relaksasi napas dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan teknik relaksasi napas dalam terhadap penurunan tingkat kecemasan pada perawat ruang ICU RSUD dr. R. Soedjono Selong. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan desain pre experimental one group pretest-postest dilakukan di RSUD dr. R. Soedjono Selong pada bulan Juni 2022. Responden penelitian adalah perawat ruang ICU yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Intervensi yang diberikan yaitu teknik relaksasi napas dalam dilakukan tiga kali sehari tiga hari berturut-turut selama 10-15 menit. Data diperoleh dengan menggunakan kuisioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HAM-A) dan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon signed ranked test. Hasil : Responden berjumlah 27 orang perawat dengan karakteristik responden perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki, rentang usia responden terbanyak 25-30 tahun. Dari hasil uji statistik didapatkan bahwa rerata skor kecemasan perawat sebelum melakukan teknik relaksasi napas dalam yaitu 22,52, dan setelahnya turun menjadi 7,74. Nilai rerata beda skor kecemasan sebelum dan setelah melakukan teknik relaksasi napas dalam yaitu 14,78. Nilai signifikansi yang didapatkan p=0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan terdapat pengaruh penerapan teknik relaksasi napas dalam terhadap penurunan tingkat kecemasan perawat. Simpulan : Teknik relaksasi napas dalam dapat menurunkan tingkat kecemasan perawat ruang ICU RSUD dr. R. Soedjono Selong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Teknik relaksasi napas dalam, kecemasan, perawat, intensive care unit
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:56
Last Modified: 21 Jul 2022 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29949

Actions (login required)

View Item View Item