HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN DI GUGUS III KECAMATAN GERUNG TAHUN 2016/2017

WIDYAWATI, BAIQ NANIK (2017) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN DI GUGUS III KECAMATAN GERUNG TAHUN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NANIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa SDN di Gugus III Kecamatan Gerung tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SDN di Gugus III Kecamatan Gerung Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 919 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis product moment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dengan teknik proportionate Stratified Random Sampling pada siswa kelas I-VI SDN di Gugus III Kecamatan Gerung. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pengelolaan kelas adalah 20,92 sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar adalah 79,86. Terdapat hubunngan positif dan signifikansi antara pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa, data dalam penelitian ini berdistribusi normal di tentukan dengan menggunakan taraf signifikasi 5%, dimana hasil uji korelasi anatara variabel x dan variabel Y adalah 0,649 dan hasil dari penelitian ini menunjukan pengelolaan kelas memiliki hubungan terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengelolaan Kelas, Prestasi belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:57
Last Modified: 24 Apr 2018 01:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2995

Actions (login required)

View Item View Item