PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS X MA NW PUTRI NARMADA TAHUN AJARAN 2021/2022

Hilyana, Zilfit (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS X MA NW PUTRI NARMADA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HILYANA ZILFIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah. Manfaat penelitian bagi peneliti adalah sebagai latihan dalam melaksanakan penelitian ilmiah dan bagi guru untuk meningkatkan efikasi diri siswa di kelas sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di MA NW Putri Narmada tahun ajaran 2021/2022. Dengan populasi seluruh kelas X MA NW Putri Narmada dan sampel sebanyak 61 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang efikasi diri siswa, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian diperoeh bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MA NW Putri Narmada dengan pengaruh sebesar 30,3%, adapun tingkat hubungan efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 0,55 dengan tingkat hubungan sedang, semakin banyak pengetahuan yang dimiliki siswa dan semakin baik kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, sehingga siswa yang memiliki efikasi diri tinggi akan lebih tekun dan semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: efikasi diri, pemecahan masalah matematis, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:56
Last Modified: 21 Jul 2022 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29950

Actions (login required)

View Item View Item