BENTUK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEARIFAN LOKAL FESTIVAL BEGAWE JELO NYESEK DESA SUKARARA KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

TUTI YULISTIANA, R. (2022) BENTUK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEARIFAN LOKAL FESTIVAL BEGAWE JELO NYESEK DESA SUKARARA KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_R. Tuti Yulistiana_E1S015036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk-bentuk pendidikan karakter yang terdapat dalam budaya nyesek, peresean, dan ngendang yang diadakan pada festival begawe jelo nyesek Desa Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Analisis ini berfokus pada pengadaan budaya nyesek, peresean dan ngendang yang ada dalam festival begawe jelo nyesek pada tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode etnografi. Hasil penelitiian menunjukan pertama, terdapat empat bentuk pendidikan karakter pada budaya nyesek yaitu, kerja keras, kreatif, komunikatif, dan demokratis. Kedua, terdapat tiga bentuk pendidikan karakter pada budaya ngendang yaitu, cinta tanah air, tanggung jawab, dan kerja keras. Ketiga, terdapat empat bentuk pendidikan karakter pada budaya Peresean yakni, bela negara, religius, cinta damai, dan kejujuran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Festival, Pendidikan Karakter, Nyesek, Peresean, Ngendang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:56
Last Modified: 21 Jul 2022 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29951

Actions (login required)

View Item View Item