ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PELUANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SMPN 7 MATARAM

Sinta, Silviana Muslim (2022) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PELUANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SMPN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sinta Silviana Muslim (E1R017056).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 7 Mataram tahun ajaran 2021/2022 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, kemudian dipilih masing-masing 2 siswa dari tiap tipe gaya belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes soal cerita dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 18 orang siswa memiliki gaya belajar visual, 10 orang siswa memiliki gaya belajar auditorial, dan 2 orang siswa memiliki gaya belajar kinestetik. Diperoleh data hasil penelitian yaitu: (i) siswa dengan gaya belajar visual melakukan jenis kesalahan transformasi dan kesalahan penulisan jawaban akhir, (ii) siswa dengan gaya belajar auditorial melakukan jenis kesalahan memahami masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, (iii) siswa dengan gaya belajar kinestetik melakukan jenis kesalahan memahami masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Walaupun selintas terlihat sama, ada perbedaan kesalahan siswa dengan gaya belajar auditorial dan siswa dengan gaya belajar kinestetik, dimana pada kesalahan keterampilan proses siswa gaya belajar auditorial salah dalam proses perhitungan sedangkan siswa gaya belajar kinestetik tidak melakukan perhitungan sampai selesai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: analisis kesalahan, soal cerita, peluang, gaya belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:56
Last Modified: 21 Jul 2022 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29952

Actions (login required)

View Item View Item