ANALISIS KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

Maryam, Bumi Partiga (2022) ANALISIS KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MARYAM BUMI PARTIGA (E1R017032).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan investigasi matematika siswa berdasarkan gaya kognitif field independent dan field dependent. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif pada siswa SMP Negeri 1 Mataram tahun pelajaran 2021/2022 di kelas VIII-I dengan menggunakan instrumen tes, GEFT yaitu tes kemampuan menemukan pola gambar tersembunyi dalam pola gambar kompleks yang terdiri dari 25 pola gambar, dan wawancara. Pemilihan subjek menggunakan teknik simple random sampling. Hasil tes dianalisis untuk setiap butir soal berdasarkan kemampuan investigasi matematika yang meliputi spesialisasi, pendugaan, pembenaran, dan generalisasi. Berdasarkan hasil tes investigasi matematika dan GEFT terpilih 6 siswa sebagai subjek penelitian yang terdiri dari 3 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 3 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent mampu melalui empat tahap penyelidikan matematis, sedangkan siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya mampu melalui 3 tahap investigasi matematika, yaitu spesialisasi, pendugaan, dan pembenaran. Siswa dengan gaya kognitif field independent cenderung fokus, lengkap, dan terperinci dalam menyelesaikan soal bangun datar. Sementara siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam mengerjakan setiap tahapan investigasi matematika masih kurang lengkap dalam memberikan informasi dan cenderung tidak sistematis dalam menyelesaikan soal investigasi matematika pada materi bangun datar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Investigasi Matematika, Gaya Kognitif, Field Independent, dan Field Dependent
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:56
Last Modified: 21 Jul 2022 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29953

Actions (login required)

View Item View Item