KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII – H SMP NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

Indah, Nikmatul Hidayati (2022) KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII – H SMP NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Indah Nikmatul Hidayati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan investigasi matematika pada materi pola bilangan ditinjau dari kemampuan disposisi matematis siswa kelas VIII – H SMP Negeri 1 Mataram Tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subjek yang diamati. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII – H di SMP Negeri 1 Mataram yang berjumlah 37 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes investigasi matematika dan angket disposisi matematis sedangkan untuk metode pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes investigasi matematika dan disposisi matematis, dipilih 6 siswa untuk dilakukan wawancara berdasarkan kategori disposisi matematis. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kemampuan disposisi matematis tinggi cenderung teliti, lengkap dan terstruktur dalam menyelesaikan 4 tahap investigasi matematika. Siswa berkemampuan disposisi matematis sedang masih kurang lengkap dalam memberikan informasi penyelesaian dan cenderung tidak sistematis. Siswa juga cenderung kurang cermat, kurang teliti, cenderung tergesa�gesa dan hanya mampu menyelesaikan 3 tahap investigasi matematika. Sedangkan siswa dengan disposisi matematis rendah terlihat tidak teliti dan cenderung tergesa-gesa, sehingga hanya melakukan 1 tahap investigasi matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Investigasi Matematika, dan Disposisi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:56
Last Modified: 21 Jul 2022 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29954

Actions (login required)

View Item View Item