PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI ALTERNATIF MATERI AJAR KELAS X DI SMA NEGERI 1 SEKONGKANG

SRI, ROHAYA (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI ALTERNATIF MATERI AJAR KELAS X DI SMA NEGERI 1 SEKONGKANG. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Sri Rohaya, SS., M.Pd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan teks anekdot berbasis kearifan lokal sebagai alternatif materi ajar kelas X SMAN 1 Sekongkang. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, jenis data untuk penelitian ini diambil dari dua jenis sumber data yaitu dari Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X Kurikulum 2013 dan dari luar buku teks Bahasa Indonesia sedangkan data diperoleh menggunakan metode dokumentasi, Teks anekdot yang dijadikan objek penelitian terdiri atas teks anekdot yang berada pada buku Bahasa Indonesia ekspresi diri dan akademik kelas X kurikulum 2013 pelajaran IV dan teks diluar buku teks tersebut. Teks yang berasal dari luar buku teks yaitu, dua buku kumpulan anekdot dan internet. Aspek teks anekdot yang dianalisis adalah aspek tema, struktur anekdot dan tafsiran muatan anekdot yang dianalisis menggunakan isau analisis pragmatik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ditemukan teks anekdot yang terdapat dalam buku Bahasa Indonesia ekspresi diri dan akademik kelas X memiliki dua aspek yang kurang, yaitu struktur dan muatan kearifan lokalnya, profil anekdot yang berasal dari luar buku teks menunjukkan bahwa kekuarangan teks berasal dari struktur teksnya saja. Aspek kearifan lokal mudah ditemui pada ketiga sumber teks anekdot yang dijadikan sampel. Pengembangan teks berbasis kearifan lokal untuk bahan ajar teks anekdot merupakan salah satu bagian dari inovasi pendidikan. Nilai�nilai kearifan lokal ini merupakan muatan yang dapat disisipkan dalam sebuah bahan ajar. Dalam mengembangkan sebuah bahan ajar, utamanya sebuah teks narasi seperti teks anekdot, muatan kearifan lokal dapat disisipkan pada berbagai unsur yang ada di dalam teks tersebut. Bahan ajar teks anekdot berbasis kearifan lokal berusaha memberikan sesuatu yang baru terhadap cara penyampaian nilai kearifan lokal yang sebenarnya hadir di setiap kehidupan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Teks Anekdot, Kearifan Lokal, Materi Ajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:50
Last Modified: 21 Jul 2022 07:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29977

Actions (login required)

View Item View Item