KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN METODE PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN TEKS GENRE FAKTUAL PADA KELAS VII SMPN DI KECAMATAN SEKONGKANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT

RIZANTY, RIZANTY (2022) KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN METODE PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN TEKS GENRE FAKTUAL PADA KELAS VII SMPN DI KECAMATAN SEKONGKANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Rizanty.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penilaian, intrumen penilaian dan metode penilaian autentik ilmiah berbasis proyek dalam Pembelajaran Teks Genre Faktual pada Kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. subyek dan obyek penelitiannya adalag guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di kecamatan Sekongkang. Sedangkan obyek penelitiannya yaitu, Penerapan penilaian autentik ilmiah berbasis proyek, intrumen penilaian autentik ilmiah berbasis proyek, dan metode penilaian autentik ilmiah berbasis proyek. Sedangkan Teknik analisis yaitu dengan Teknik Observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini yaitu, penerapan penilaian autentik ilmiah bebasis proyek sudah dilakukan oleh semua guru pada saat pelaksanaan proses pembelajaran. Sedangkan instrument yang digunakan adalah instrument test dan non test. Selain itu, model penilaian yang digunakan yaitu, guru memberikan sola kuis atau latihan dan proyek kepada siswa agar guru dapat mengukur sejauh mana siswa bisa memahami dan mengukur kemampuan yang dimiliki siswa. Metode penilaian autentik ilmiah pada teks genre factual perlu dilakukan dan sebaiknya perlu penyusunan rencana penilaian yang lebih matang. Sehingga tujuan penilaian yang autentik dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Penilaian autentik, Teks Genre Faktual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:51
Last Modified: 21 Jul 2022 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29981

Actions (login required)

View Item View Item